Monday 11 June 2012

0 Trik dan Tips Pemasaran


Setiap hari minggu sepulang kuliah akhir pekan, penulis menggunakan angkutan umum bis Antar Kota Antar Dalam Propinsi Jawa Tengah. Angkutan umum yang penulis gunakan ialah bus jurusan Yogyakarta – Cilacap atau Yogyakarta –Purwokerto. Pukul 11.30 bus berangkat dari terminal Yogyakarta dan kemudian singgah di pasar gamping untuk mengontrol jarak dengan bus lain dan menunggu penumpang yang akan naik.

Selama menunggu penumpang banyak pedagang asongan yang menawarkan makanan pada penumpang mulai dari soft drink, tahu, es krim, tissue dan lain-lain. Selain pedagang asongan pengamen ikut “memeriahkan “suasana dengan nyanyian-nyanyian yang bertema asmara, kritik social maupun curhat tentang profesi mereka. Ada salah satu jenis pedagang yang menarik perhatian karena trik pemasaran yang lain daripada yang lain.


Ketika bus berhenti di pasar gamping ada pedagang buah-buahan yang menyimpan buahnya dalam sebuah karung naik ke dalam bus. Kedatangan pedagang buah-buahan tadi sudah menarik perhatian karena jumlah buah yang banyak seakan-akan pedagang mampu menjual semua buah. Setelah bus mulai berjalan pedagang biasanya membawa buah ke bagian depan bus dan mulai menawarkan pada penumpang. Trik pemasaran yang dilakukan pedagang ialah terlebih dahulu menyapa penumpang dan menceritakan asal muasal kenapa berdagang, asal buah serta kandungan dan manfaat buah bagi kesehatan, sambil sesekali melakukan kontak mata secara langsung terhadap beberapa penumpang. Pedagang memberikan beberapa buah secara gratis kepada penumpang untuk dicicipi sambil melakukan komunikasi personal pada mereka. Pedagang menceritakan keunggulan buah yang dijual dibanding buah yang dijual di pasar yaitu harga yang lebih murah dan jumlah yang lebih banyak. Pedagang menawarkan 8 buah dengan harga Rp 10.000 dan akan menambah jumlah buah secara bertahap hingga mencapai jumlah maksimal sebanyak 12 buah. Kenaikan jumlah buah bertahap dan berjeda hingga belasan menit, jarak antara paket 8 buah menjadi 10 buah dan berakhir 12 buah sekitar 15 menit. Berdasarkan pengamatan penulis, buah yang terjual cukup banyak dan biasanya dari sekarung buah yang dibawa hanya tersisa sedikit saja.

Trik pemasaran yang dilakukan pedagang buah diatas patut diapresiasi sebagai seni pemasaran yang efektif. Berdasar pola dan cara bergadang kita bisa melakukan pemetaan soal trik pemasaran sebagai berikut :
  1.  Kemasan produk diupayakan menarik atau menimbulkan rasa ingin tahu calon pembeli
  2.  Lakukan pendekatan personal pada calon pembeli
  3.  Tawarkan produk secara bertahap
  4.  Kuatkan informasi manfaat produk dari berbagai aspek
  5.  Lakukan penambahan manfaat produk
  6. Variasikan harga bertahap
Trik di atas dapat diterapkan pada kegiatan penjualan di tempat yang bervariasi dengan produk yang jenisnya kecil dan banyak dengan menggunakan ukuran satuan kilogram.

0 comments:

Post a Comment

 

berbagi cerita dan menuai manfaat Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates