Sunday 20 May 2012

0 Mengatasi Masalah pada Printer

Anda pernah merasa jengkel karena printer tidak mau mencetak data yang anda butuhkan?, santai saja anda tidak perlu langsung memvonis bahwa printer harus dibawa ke tempat reparasi, cek sendiri saja dulu barangkali masalah pada printer bisa diatasi sendiri. ..karena beberapa masalah pada printer bisa dengan mudah kita perbaiki. Ada beberapa tanda apabila printer bermasalah: lampu indikator berkedip, dan kertas keluar tanpa ada cetakan. Baik mari kita urai satu persatu permasalahan yang sering muncul pada printer :
  1. Kelebihan pengisian tinta mengakibatkan kertas keluar tanpa ada cetakan, cara mengatasainya dengan menyedot kembali tinta yang membludak dan head dibersihkan dengan tisu basah.
  2. Penyebab eror lain adalah port catridge basah . bila ini terjadi keringkan port tersebut dengan tisu kering atau kain halus.
  3. Tinta kering atau tinta habis, meskipun sudah diisi ulang kadang tidak berhasil karena head berkerak. Sebagai solusi, head catridge bisa direndam dalam air panas sedalam kurang lebih ½ cm selama ½ jam. Bila perlu, ditiup dari lubang atas. Bisa juga direndam alkohol sebagai pengganti air panas.
  4. Beberapa pabrikan printer merancang catridge hanya dapat dipakai untuk mencetak dalam jumlah tertentu sehingga bila habis jatahnya maka printer tidak bisa dipakai lagi. Bila ini terjadi solusinya ialah:
    1. Remove program printer
    2. Cabut semua kabel printer ke CPU
    3. Pasang kembali kabel printer ke CPU
    4. Setelah komputer meminta drive, pada saat itu juga masukkan CD Drive ke CD Room, setelah drive printer terinstal segera keluarkan CD Drive. Jika terlanjur diproses, tunggu sampai tampilan cancel dan next, pilih cancel dan keluarkan CD Drivenya. Apabila cara ini tidak berhasil lakukan hal berikut : cabut kabel printer-pencet tombol on/off-tancapkan kembali kabel printer, tahan pencetan sekitar 10-15 menit dan lepas. Bila tidak berhasil ....bawa ke reparasi saja, karena disana terdapat sofware khusus untuk mereset chip printer 
Masalah terakhir adalah apabila sensor port printer rusak, jalan terbaik adalah membeli printer baru, karena harga sensor tidak jauh berbeda dengan harga printer. Itulah beberapa cara mengatasi permasalahan pada printer anda. Selamat mencoba....
Sumber: kartolocyber.blogspot.com 

0 comments:

Post a Comment

 

berbagi cerita dan menuai manfaat Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates