Tuesday 22 May 2012

0 Helm bagus


Helm Unik
Helm sebagai alat kelengkapan bagi pengendara kendaraan roda dua keberadaannya sangat urgen sebagai pelindung kepala dari benturan. Kepala adalah bagian tubuh yang paling penting karena keberadaan otak sebagai pusat kendali dan aktifitas seluruh syaraf. Akibat kecelakaan pada organ selain kepala relative berdampak kecil bagi hilangnya nyawa pengendara. Patah kaki, kulit lecet hingga terkelupas bahkan terpisahnya kaki dari badan merupakan luka yang relative tidak mendominasi penyebab kematian.

Namun, sedikit benturan pada kepala berpotensi mengganggu system syaraf. Kasus terberat apabila bagian dalam kepala mengalami luka seperti retaknya tulang kepala berpotensi menimbulkan pendarahan diotak atau tersumbat dan pecahnya pembuluh darah merupakan factor dominan penyebab kematian.

Penggunaan Helm pada pengendara kendaraan roda dua mengurangi dampak benturan pada kepala. Tipe dan kekuatan terhadap daya tekanan Helm menentukan tinggi rendahnya kemampuan melindungi kepala. Helm dengan komposisi bahan plastic tipis mudah pecah dan tingkat perlindungan sangat rendah, Helm jenis ini tidak cocok sebagai kelengkapan berkendara bahkan keberadaannya sebaiknya dihindari karena ketika terjadi kecelakaan kemungkinan Helm akan pecah dan melukai pemakaianya. Helm dengan komposisi bahan plastic tebal dan berlogo Standar Nasional Indonesia (SNI) layak dijadikan pilihan sebagai kelengkapan berkendara karena helm jenis ini telah teruji secara ilmiah melalui percobaan dengan menggunakan berat tekanan maksimal.

Beragam fitur tambahan terdapat pada helm-helm yang didesain khusus dan tentunya harga khusus juga. Bagian pertama yang sering mempunyai variasi adalah kaca helm, kaca plastic biasa, kaca plastic dengan tingkat kejernihan lebih hingga kaca plastik yang mampu memantulkan cahaya sehingga pengendara tidak silau bila terdapat sinar yang langsung mengarah ke arah pengendara. Bagian kedua adalah model topi pelindung, topi pelindung dengan lubang-lubang ventilasi yang bervariasi. Bagian terakhir terdapat pada tampilan umum helm dengan aneka corak warna, motif maupun gaya.

Kesadaran pengguna kendaraan bermotor roda dua dalam penggunaan helm yang sesuai standar tidak bisa tumbuh dengan sendirinya. Perlu edukasi/pembelajaran dari phak-pihak terkait seperti kepolisian dalam hal ini adalah satuan polisi lalu lintas maupun lembaga swadaya masyarakat yang concern terhadap keselamatan dalam berkendara. Ayo budayakan memakai helm standar guna mengurangi resiko fatal pada kepala akibat benturan saat kecelakaan.

0 comments:

Post a Comment

 

berbagi cerita dan menuai manfaat Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates